10 April 2008

Liverpool Vs Arsenal, aku belajar banyak dari situ.

Menonton pertandingan sepakbola Liga Champion dini hari kemaren tiba-tiba menginspirasiku. Saat itu team yang sedang bertanding adalah Liverpool Vs Arsenal. Dua tim Inggris yang memiliki style permainan agak-agak mirip dan terutama bertenaga sekali. Sudah mencari ciri tim sepakbola asal Inggris bahwa permainan sepak bola itu artinya bermain bertenaga, mengandalkan kecepatan, umpan satu dua sentuhan dan permainan sayap yang atraktif. Sampai sekarang aku masih ingat bagaimana elegannya Steve McManaman atau Ryan Giggs menggiring bola.

Menonton pertandingan dua tim besar selalu saja sarat gengsi, adu cerdik dan benar-benar menguras segala kemampuan pemain. Dan karena aku pernah punya pengalaman coaching tim bola profesional aku jadi menyadari bahwa apapun yang mereka tampilkan dilapangan adalah buah dari disiplin latihan yang mereka lakukan setiap hari. Di dalam pertandingan pada akhirnya bukan skill saja yang berpengaruh terhadap performa suatu tim, jauh lebih dalam daripada itu adalah bagaimana mereka dapat berkonsentrasi dan ketenangan mereka dalam menjalani pertandingan itu. Dua hal itu yang sangat kentara untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang pertandingan.

Kembali ke pertandingan tersebut, akhirnya Liverpool mampu mengkandaskan Arsenal dengan skor 4-2 ( Bravo Liverpudlian...!!). Dan apa yang aku pelajari dari pertandingan itu adalah bagaimana hukuman bagi hilangnya konsentrasi dan ketenangan adalah kekalahan. Aku juga melihat betapa pemain2 profesional itu benar2 PD dengan kemampuan mereka. Aku melihat bagaimana mereka bisa melakukan kontrol dan passing bola dengan sangat sempurnanya, hampir tidak ada kesalahan oper dalam intensitas pertandingan yg begitu tinggi.

Jadi aku belajar tentang disiplin, semangat untuk memberikan yang terbaik, teamwork, PD dan kerja keras. Aku jadi malu pada diriku saat aku mengeluh, saat mencoba kabur dari permasalahan yang aku hadapi, saat aku tidak percaya pada diri sendiri padahal semua orang percaya padaku. OK saat belajar sudah selesai, sekarang saatnya kembali ke pertandingan hidup, dimana skornya adalah kondisi hidup kita sekarang, wasitnya adalah aturan, dan pemainnya adalah kita dan orang-orang yang mendukung kita. Sekarang saatnya untuk ACTION..!!

No comments: