12 March 2008

Membantu

Membantu orang itu pada dasarnya adalah fitrah dari setiap manusia. Namun dalam perjalanannya fitrah itu bisa tercemari dengan tujuan yang lebih rendah dari niatan untuk membantu itu sendiri. Keinginan untuk dilihat, merasa dirinya lebih beruntung ataupun perasaan lebih superior dibandingkan orang lain biasanya adalah hal-hal yang tersembunyi dari tindakan menolong seseorang.

Itu pula sebabnya mengapa ada orang yg kecanduan membantu. Jujur aku pernah mengalami fase itu, membantu orang lain terus dan membuat alasan dari hal itu bahwa aku disibukkan dengan membantu orang lain. Aku belajar hal baru saat kesadaran itu muncul, dan kemudian aku mengambil perspektif baru saat membantu orang lain. Saat aku membantu orang lain, maka aku akan meniru cara Tuhan yaitu memberi tanpa berpikir itu akan kembali. Jadi ayo membantu semua yang kita bisa.