24 December 2007

Nikmati perjuanganmu, itulah manisnya hidup (part 1)

Seringkali aku mengeluh saat hidup nampak keras padaku, tidak terlalu banyak pekerjaan, uang juga pas-pasan, dan terutama seolah-olah kehilangan arah terhadap apa yang aku kerjakan sekarang. Tetapi kemarin dalam permainan Cashflow Quadrant aku menemukan perspektif baru dalam memandang hidup.

Cashflow Quadrant adalah permainan serupa dengan monopoly yang diciptakan oleh Robert T. Kiyosaki (pengarang buku Rich Dad Series). Tujuan dari dibuatnya permainan ini adalah mengajarkan kita untuk melek secara finansial dan mencapai kebebasan finansial kita sendiri. Permainan ini cukup menggambarkan realita kehidupan yang sebenarnya, walaupun dasar asumsinya menggunakan kehidupan orang2 Amrik sono (sesuai tempat tinggalnya Robert)

Permainan ini dibedakan menjadi 2 track, yaitu fast track dan rat race track. Track ini menggambarkan bagaimana orang kaya hidup dengan bagaimana orang2 biasa hidup. Salah satu pelajaran paling berharga dari sini adalah apapun pekerjaanmu maka kamu bisa meraih impianmu. Didua track ini juga digambarkan bagaimana orang2 biasa perlu mengingatkan bank untuk membayar gajinya, sedangkan orang2 kaya tanpa perlu mengingatkan, bank pasti akan membayar mereka, karena pada dasarnya mereka digaji dari uang yang berasal dari bisnis mereka. Jadi pelajaran berharga pertama : orang2 biasa mendapat uang dari pekerjaan mereka, sedangkan orang2 kaya dari bisnis yang mereka bangun. Orang2 kaya tak perlu menukarkan waktu mereka untuk mendapatkan uang, karena uang mereka yang akan bekerja untuk mereka.

Pelajaran hidup yang lain akan diposting pada bagian berikutnya.

No comments: