25 December 2007

Nikmati perjuanganmu,itulah manisnya hidup (part 2)

Jika kemarin yang aku tulis adalah bagian pertama dari nikmati perjuanganmu, itulah manisnya hidup, maka sekarang bagian keduanya akan aku tulis dalam bentuk poin perpoin karena cukup banyak pelajaran yang kutarik dari permainan cashflow quadrant.

  1. Dalam hidup akan selalu ada small deals ataupun big deals yang akan menguntungkan secara finansial. Tetapi bagaiamana cara mendapatkannya itu adalah masalah lain. Jadi intinya tetap buka mata buka telinga dan bergaul dalam komunitas yang tepat tuk bisa menangkap peluang bisnis yang ada. Dan keberanian benar2 dibutuhkan, karena berbisnis bedanya sangat tipis dengan judi, kedua2nya melibatkan resiko, yang berbeda bisnis resiko yang diambil telah diperhitungkan sebelumnya.
  2. cashlflow mengajarkan pemainnya juga untuk bermurah hati, karena semakin banyak memberi maka semakin banyak juga yang kita dapatkan. Islam sangat sempurna mengatur kehidupan, karena bahkan sebelum ada paradigma itu, islam sudah mengajarkan umatnya untuk bermurah hati, karena pintu berkah akan dibukakan dari setiap yg kita sedekahkan, selain pahala dari sedekah itu sendiri.
  3. yang paling penting bukanlah seberapa besar penghasilan kita atau apa pekerjaan kita, karena yang terpenting untuk menjadi bebas secara finansial adalah seberapa besar penghasilan yang kita dapat tanpa kita harus bekerja, atau istilah kerennya berapa besar passive income kita. Hal itu menyadarkanku seberapapun besar gajiku kelak, jika aku tidak melek secara finansial maka uang yang kudapat hanya akan mampir direkeningku untuk kemudian keluar lagi tanpa sempat tumbuh atau bekerja untukku.
  4. pembelian secara kredit ataupun penggunaan kartu kredit walaupun memudahkan sebenarnya adalah beban yang cukup besar untuk cashflow. Nanti aku akan menulis tentang kartu kredit ini.
  5. kepuasan saat keluar dari Rat Race atau bebas secara finansial adalah kepuasan tertinggi dari permainan ini. Ini juga mungkin yang akan terjadi dalam kehidupan nyata. Saat bisa bebas secara finansial maka kita bisa bebas untuk meraih apapun impian kita dan bagaimana bermanfaat bagi sekitar. Segala perjuangan, sakit, ataupun pengorbanan untuk mencapai keadaan itu adalah harga yang memang harus dibayar. Terutama proses itulah yang akan mengajarkan kita bagaimana menjadi manusia yang utuh saat kesuksesan sudah kita raih. Mengajarkan bagaimana supaya kaki kita tetap berpijak ditanah, saat sebenarnya kita bisa mengambil semua kredit terhadap keberhasilan itu.
  6. Anak adalah aset masa depan, karena disini kita bisa saja punya anak yang akan membuat kita semakin lama keluar dari Rat Race, tetapi begitu keluar CashFlow kita semakin besar. Itu sama dalam dunia nyata, mungkin membesarkan anak membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit dan terlihat sebagai beban, padahal anak itulah yang akan meneruskan nilai2 baik yg kita percaya untuk kebaikan dunia ini.

Permainan ini begitu banyak makna yang terkandung, dan mungkin memang semakin sering kita bermain, maka semakin terlatih kita untuk bebas secara finansial. Jadi ada yg mau main?

No comments: